Para Wanita Yang Hebat dan Menginspirasi di Italia

Para Wanita Yang Hebat dan Menginspirasi di Italia – Bagi negara yang secara historis sangat menyayangi wanitanya, dalam hal peluang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan politik, wanita Italia terus menuntut kursi di meja. Berdasarkan dari The World Economic Forum’s Global Gender Gap Report 2020, Italia menempati peringkat ke-76 dari 153 negara. Itu turun enam tempat dari 2018.

Sehingga, di Live in Italy, pun memutuskan sudah lama untuk mengenali segelintir wanita Italia yang tak terhitung jumlahnya yang membuat jejak mereka pada tahun 2021. Terutama dengan Hari Perempuan Internasional di cakrawala. Dengan segala sesuatu mulai dari salah satu aktor paling terkenal, hingga aktivis yang sedang naik daun, berikut adalah beberapa wanita Italia paling menginspirasi Anda saat ini.

1. Laura Boldrini

Para Wanita Yang Hebat dan Menginspirasi di Italia

Boldrini adalah salah satu politisi paling berpengaruh di Italia. Mantan pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa ini memulai karir politiknya pada tahun 2013 sebagai anggota parlemen untuk Sinistra Ecologia e Libert, tetapi menjadi pusat perhatian ketika menjadi Presiden Kamar hingga 2018.

Baik itu dalam mengubah bahasa hukum sehingga mengakui keberadaan perempuan dalam posisi kekuasaan, bekerja untuk melarang porno balas dendam, atau memimpin kasus #MeToo Italia, di mana ia untuk sementara mengubah Istana Montecitorio (pusat Dewan Perwakilan Italia) menjadi lembaga khusus perempuan untuk menekankan bagaimana pelecehan dan pelecehan seksual terhadap perempuan sering diabaikan, Boldrini telah mendedikasikan sebagian besar karirnya untuk membela hak-hak perempuan melalui tindakan resmi.

Baru-baru ini, dia memposting selfie dengan #DateciVoce (‘give us voice’) untuk menunjukkan bahwa dia adalah salah satu deputi yang menuntut pemerintah untuk menghormati kesetaraan gender di gugus tugas virus corona dan di semua badan pembuat keputusan, Anda akan ingin memeriksa ini, Boldrini bukan orang yang bisa dipusingkan.

2. Stella Jean

Dari pidatonya yang kuat selama protes Black Lives Matter hingga pekerjaannya dengan PBB dalam menyediakan pekerjaan bagi pengrajin wanita di negara-negara berpenghasilan rendah, dalam hal adibusana yang indah dan keadilan sosial, perancang busana otodidak, Stella Jean, adalah seorang kekuatan yang harus diperhitungkan.

Jean mendirikan labelnya, merayakan keragaman melalui desain semarak yang mengakui warisan Haiti-Romawinya, pada tahun 2011. Sejak itu dipentaskan oleh Giorgio Armani, dipamerkan di museum V&A London dan dikenakan oleh selebritas, Beyonce dan Rihanna.

Satu dekade berlalu, dan dia masih satu-satunya desainer wanita kulit hitam yang menikmati ketenaran seperti ini. Jadi, setelah peningkatan pesat dalam serangan bermotif rasial di seluruh Italia, Jean memutuskan untuk menarik koleksinya dari musim gugur/dingin Milan 2020.

Sebagai gantinya, dia membuat film pendek, Italians in Becoming, yang menampilkan wanita kulit berwarna yang menyuarakan komentar rasis yang telah telah diarahkan pada mereka dan membawanya ke pers, memicu percakapan yang membuat merek dan kekuatan bertanggung jawab atas rasisme sistemik.

3. Beatrice Vio

Para Wanita Yang Hebat dan Menginspirasi di Italia

Beatrice (“Bebe”) Vio bukan hanya seorang juara anggar kursi roda Italian Paralympic, tetapi dia adalah atlet pertama yang berkompetisi dengan empat kaki palsu. Vio muncul pada tahun 2016 dan terus memenangkan banyak ubin sejak, termasuk, percayakah Anda, International Emmy Award untuk film dokumenter tentang hidupnya, Who I Am: The Rising Phoenix.

Ketika dia berusia sebelas tahun, dia terkena meningitis dan harus diamputasi kaki dan lengannya. Tetapi dia menolak untuk meninggalkan kecintaannya pada anggar dan, dalam waktu yang begitu singkat, telah menjadi contoh kekuatan, keberanian, dan kemungkinan tak terbatas yang tersedia bagi semua gadis.

Vio menggunakan platformnya untuk menumbangkan kemampuan, menyanggah mitos seputar meningitis dan mempromosikan Art4sport, badan amalnya yang mendukung anak-anak yang diamputasi dalam olahraga.

Dia juga bagian dari The Barbie Dream Gap Project, bekerja untuk merevisi panutan untuk anak perempuan. Ya, dia bersama Frida Kahlo, Amelia Earhart dan Rosa Parks, memiliki boneka Barbie sendiri.

4. Fabiola Gianotti

Fabiola Gianotti adalah salah satu fisikawan paling penting di dunia. Dan sebagai direktur jenderal wanita pertama dari Dewan Riset Nuklir Eropa, satu-satunya dalam sejarahnya yang memperbarui peran untuk masa jabatan kedua, Gianotti membuka jalan bagi wanita lain di bidang STEM.

Dengan hari-harinya didedikasikan untuk materi gelap, dia telah menulis lebih dari 550 publikasi, adalah anggota kunci dari banyak komite ilmiah internasional dan telah menerima gelar doktor kehormatan dari sebelas universitas di seluruh dunia.

Keberhasilannya yang meluas mendorong lebih banyak gadis untuk mengejar karir di bidang sains, sebuah industri yang terkenal karena perbedaan gendernya, tetapi bukan itu.

Giannotti adalah seorang kemanusiaan yang bangga yang memahami bahwa karena sains tidak memiliki gender, ras, budaya, partai politik, perannya adalah pemersatu dan universal, menggunakannya untuk mempromosikan keragaman dan penerimaan.

Setelah hampir menjadi pianis profesional, dia bahkan bersikeras untuk mendobrak batasan antara sains dan seni.

5. Ilaria Bonacossa

Ketika datang ke dunia seni Italia, Ilaria Bonacossa adalah kehidupan sekolah. Bonascossa adalah kurator, kritikus seni dan direktur Artissima, pameran seni kontemporer paling penting di Italia, dan Artist Pension Trust di Italia. Dia telah menjadi kurator di Fondazione Sandretto Re Rebaudengo, Direktur Artistik Museo Villa Corce dan terus menjadi kurator instalasi permanen Antinori Art Projects.

Setelah mempelajari MA-nya di AS, ia secara teratur berkolaborasi dengan Museum Whitney New York dan merupakan anggota Komite Teknis untuk akuisisi di FRAC Provence-Alpes Côte d’Azur, Leone d’Oro dari Venice Art Biennale ke-52 dan Inamori Penghargaan Yayasan di Kyoto.

CV-nya luar biasa, sekarang, coba baca tanpa menarik napas. Dia menggunakan pengalaman profesionalnya yang produktif untuk mendukung galeri muda dan bakat yang muncul di dunia seni bertekanan tinggi, di mana penilaian semakin cepat, harga semakin tinggi, dan lingkaran sosial semakin eksklusif. Bonocossa telah menerbitkan beberapa buku dan menyutradarai banyak film juga berani.

editor

Back to top