Chi è Un Hacker?

Chi è Un Hacker? – File Jargon berisi beberapa definisi istilah ‘peretas’, yang sebagian besar berkaitan dengan pengalaman teknis dan selera untuk memecahkan masalah dan mendorong batasan. Namun, jika Anda ingin tahu cara menjadi peretas, hanya dua yang benar-benar relevan.
Ada komunitas, budaya umum, programmer ahli dan penyihir jaringan yang berakar beberapa dekade yang lalu, pada saat komputer mini pertama dan percobaan pertama di ARPAnet. Anggota budaya ini berada di balik istilah ‘peretas’. Hacker membangun internet. Peretas membuat sistem operasi UNIX seperti sekarang ini. Peretas menjalankan Usenet. Peretas membuat World Wide Web bekerja Jika Anda adalah bagian dari budaya ini, jika Anda telah berkontribusi padanya, dan orang lain di dalamnya mengenal Anda dan menyebut Anda seorang peretas, maka Anda adalah seorang peretas.
Pola pikir peretas tidak terbatas pada peretasan perangkat lunak. Ada juga orang-orang yang mempertahankan sikap peretas di bidang lain, seperti elektronik atau musik – sungguh, Anda dapat menemukannya di tingkat tertinggi dalam sains atau seni apa pun. Peretas perangkat lunak mengenali roh yang sama ini di mana-mana dan juga menyebut mereka ‘peretas’ – dan beberapa mengklaim bahwa roh peretas benar-benar independen dari media tertentu tempat peretas bekerja. Tapi di sisa makalah ini kita akan fokus pada keterampilan dan sikap peretas perangkat lunak, dan tradisi budaya umum yang memunculkan istilah ‘peretas’.
Ada sekelompok orang lain yang berteriak keras bahwa mereka adalah peretas, tetapi mereka bukan peretas. Ini adalah orang-orang (sebagian besar remaja) yang senang membobol (umumnya secara ilegal) komputer orang lain dan menipu perusahaan telepon. Peretas sejati menyebut orang-orang ini ‘cracker’, dan mereka tidak ingin ada hubungannya dengan mereka. Peretas sejati menganggap cracker itu malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu pintar, dan berpendapat bahwa kemampuan untuk menetralisir sistem keamanan tidak membuat Anda menjadi seorang peretas seperti halnya menyalakan mobil dengan menyingkat kabel kunci membuat Anda menjadi seorang insinyur elektronik. Sayangnya, banyak jurnalis dan penulis telah membodohi diri mereka sendiri dengan menggunakan kata ‘hacker’ untuk menggambarkan cracker; ini sangat mengganggu peretas sejati.
Perbedaan utamanya adalah ini: peretas membangun sesuatu, cracker menghancurkannya. Jika Anda ingin menjadi seorang hacker, baca terus. Jika Anda ingin menjadi cracker, bacalah newsgroup alt.2600 dan bersiaplah untuk mencemooh diri sendiri dengan kenyataan bahwa Anda tidak sepandai yang Anda kira. Dan itu saja yang akan saya katakan tentang kerupuk.

editor

Back to top