Cara Kerja Pada Sistem Pendidikan Sekolah di Italia

Cara Kerja Pada Sistem Pendidikan Sekolah di Italia – Sebuah pertanyaan yang sering kali diajukan adalah mengenai bagaimana sistem sekolah diatur di Italia. Faktanya, dalam setiap sistem sekolah berbeda tergantung pada negara tempat Anda tinggal dan bagi banyak orang asing, sulit untuk memahami pembagian dan fungsi sistem Italia. Oleh sebab itu, dalam pelajaran berikut kita akan menjernihkan kebingungan tentang topik ini.

Sebelum kita mulai, Anda perlu tahu bahwa sekolah Italia dapat:

– Publik: Didanai negara

– Swasta: didanai melalui biaya sekolah, yaitu sejumlah uang yang dibayarkan oleh siswa

Program akademik kedua jenis sekolah ini mengikuti peraturan dari MIUR (Ministry of Education, University and Research). Sekarang mari kita lihat berbagai langkahnya:

1) Infant school

Cara Kerja Pada Sistem Pendidikan Sekolah di Italia

Sekolah ini tidak bersifat wajib (orang tua dapat memutuskan untuk mendaftarkan anaknya sesuai dengan kebutuhan), dan terbagi menjadi:

– asilo nido (TK): dihadiri oleh anak-anak berusia 0 hingga 3 tahun

– scuola materna (prasekolah): diikuti oleh anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun

Dari usia 6 hingga 16 tahun, bersekolah menjadi wajib, sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang, dan kita memasuki apa yang disebut scuola dell’obbligo (pendidikan wajib), yang dimulai dengan:

2) Sekolah dasar atau sekolah dasar

Sekolah ini diikuti oleh siswa berusia 6 sampai 11 tahun: dengan demikian masa sekolah berlangsung selama 5 tahun. Selama tahun-tahun itu, anak laki-laki dan perempuan belajar menulis dan membaca dan mereka memahami pengertian pertama Sejarah, Geografi, Matematika, Tata Bahasa Italia, Sains, Musik dan Pendidikan Jasmani dan, selama beberapa tahun sekarang, juga Bahasa Inggris dan Ilmu Komputer sementara kelas Agama adalah opsional.

3) Sekolah menengah pertama atau sekolah menengah pertama

Cara Kerja Pada Sistem Pendidikan Sekolah di Italia

Langkah ini berlangsung selama 3 tahun dan melibatkan siswa dari usia 11 hingga 13 tahun. Selama periode ini siswa memperdalam berbagai mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar, dan pada akhirnya mereka harus mengikuti media esame di terza (ujian sekolah menengah) yang disusun oleh:

– Tes tertulis bahasa Italia

– Tes Matematika tertulis

– tes bahasa tertulis

– lisan yang terdiri dari presentasi karya tentang topik tertentu termasuk semua mata pelajaran yang dipelajari.

4) Sekolah menengah atas atau sekolah menengah atas

Langkah ini berlangsung selama 5 tahun dan melibatkan siswa berusia 14 sampai 19 tahun, tetapi dari usia 16 tahun anak laki-laki dan perempuan memiliki kemungkinan untuk meninggalkan studi mereka.

Para siswa dapat memilih di antara 3 jenis sekolah menengah, tergantung pada tujuan mereka:

Liceo: menawarkan pendidikan yang lebih teoretis dan lebih berorientasi pada pendidikan lanjutan di Universitas dan, tergantung pada mata pelajaran yang dipelajari, mereka dapat dari berbagai jenis:

– classico (tata bahasa) (Latin, Yunani dan Italia)

– scientifico (ilmiah) (Matematika, Fisika dan Sains)

– Linguistico (bahasa) (Bahasa Inggris dan asing)

– tecnologico (teknologi) (Ilmu Komputer)

– artistico (artistik) (seni),

– musicale (musik).

Sekolah Menengah Teknik Profesional: di sekolah jenis ini selain mata pelajaran umum, siswa dapat memperoleh keterampilan teknis-praktis, yang cocok untuk memasuki pekerjaan, di sektor-sektor seperti:

– ekonomi

– pariwisata

– teknologi

– pertanian

– profesi kesehatan

ITF (Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan): di sekolah jenis ini, siswa memperoleh keterampilan praktis dan profesional. Studi di sekolah-sekolah ini fokus pada pekerjaan seperti:

– tukang ledeng

– montir listrik

– penata rambut

– ahli kecantikan…

Pada akhir SMA siswa harus mengikuti ujian lagi, esame di maturità (ujian kelulusan) yang ditakuti yang terdiri dari 3 tes tertulis dan 1 ujian lisan, dan jika Anda lulus, Anda akan menerima gelar kedewasaan, yang akan memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke Universitas.

5) Universitas

Ini dibagi menjadi:

Siklus pertama: juga dikenal sebagai “laurea triennale” dan, seperti namanya, berlangsung selama 3 tahun. Ada banyak dan beragam pilihan universitas Italia seperti:

– departemen ilmiah (Matematika, Fisika, Astrofisika, Kimia…),

– fakultas humaniora (Sastra, Filsafat, Bahasa Asing, Warisan Budaya…)

– fakultas teknik (Arsitektur, Teknik, Ekonomi…).

Siklus kedua: juga dikenal sebagai “laurea magistrale” atau “specialistica” (gelar tingkat kedua), biasanya berlangsung selama 2 tahun dan merupakan kelanjutan dari siklus pertama untuk memastikan siswa memiliki tingkat spesialisasi yang lebih tinggi. Namun, ada beberapa program studi (Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Teknik Konstruksi, Arsitektur dll) yang berlangsung 5 tahun (6 tahun untuk Fakultas Kedokteran) dan mengambil nama “Corsi di Laurea a ciclo unico” (Single Cycle Degree Kursus)

Siklus ketiga: ini dikhususkan untuk siswa yang paling ambisius dan mencakup:

– master: biasanya program studi singkat yang menawarkan kesempatan (bagi mereka yang tertarik) untuk memperdalam beberapa aspek spesifik dari subjek yang dipelajari selama dua siklus pertama.

– gelar doktor: itu adalah kursus teoretis, yang sempurna bagi mereka yang menginginkan karir di bidang akademik atau di bidang penelitian.

editor

Back to top